Monday, September 29, 2014

STORY #4



Mbak Darmi adalah seorang pembantu rumah tangga yang sekarang telah berusia 60 tahun. Mbak Darmi ditemui di rumah Majikannya di Jakarta Pusat.
Arti waktu luang bagi mbak Darmi adalah untuk istirahat, jika ada waktu luang, mbak Darmi akan mengunjungi tempat anaknya, jika umpamanya ingin pergi ke suatu tempat mbak Darmi dapat minta izin libur untuk ke rumah sodara yang sedang ada acara.
Di waktu libur panjangnya, mbak Darmi selalu pulang kampung ke berbagai provinsi di Indonesia untuk mengunjungi rumah sodara-sodaranya.

“Dulu itu pernah saya ke kampung, kampung saya jawa tengah, ya paling nggak setaun sekali dua kali pulang kampung, pernah waktu itu anak saya ngelahirin di Batam , tiap anak saya nglahirin ya saya ke Batam, terus ke Lampung ke tempat sodara-sodara di Lampung, terus di Malang sodara juga banyak, di Surabaya, akhir-akhir ini lebaran ini saya ke Surabaya.”

Aktifitas yang mbak Darmi lakukan pada saat pulang kampung, misalnya ke Surabaya adalah main, main ke mall-mall sama cari makan-makanan khas Surabaya, lalu mbak Darmi juga silahturahmi kerumah sodaranya di Surabaya, pada saat ke Lampung juga main aja ke tempat sodara.

“Pokonya kerjaanya cuman keliling aja ke tempat sodara, ngobrol.”

Karena mbak Darmi sudah berusia tergolong tua jadi dia sudah tidak lagi mengunjungi objek wisata.

“Saya sekarang sih gapernah ke wisata sih, kalo waktu dulu waktu muda ya pernah. Masih muda saya di surabaya, paling ke kebon binatang, nonton bioskop, waktu masih muda itu, sekarang udah tua mah ga kemana-mana. Udah males, kalo udah capek kerja pengennya istirahat aja gitu, paling saya kalo libur-libur ke tempat anak di jakarta.”


Dirumah anakny aktifitas yang biasa dilakukan mbak Darmi adalah istirahat, dan main sama cucu disitu, kalo capek istirahat mbak Darmi juga suka pergi ke Mall.
Manfaat waktu luang bagi mbak Darmi adalah untuk jalan-jalan dan istirahat, mengingat pekerjaannya sehari-hari yang melelahkan.
Ketika ditanyakan obyek wisata apa yang ingin dikunjungi,



“Pengen ke taman buah yang di mekarsari tapi belum kesampean.”

Ketika ditanyakan aktifitas apa saja yang diharapkan bisa dilakukan di taman buah tersebut,

“Liat-liat aja pengennya ada apa aja, tapi belum kesampean.”

Satu kata yang menggambarkan Leisure/ Waktu luang

“ISTIRAHAT”
#JakartaReposeProject
Marketing PMBS 2012

Adita Putri

No comments:

Post a Comment