Sunday, September 28, 2014

STORY #2

Mas Mujiono atau yang akrab disapa mas muji ditemui di kediaman majikannya tempat ia bekerja, di Menteng, Jakarta Pusat. Lelaki berumur 35 tahun ini bekerja sebagai security dan telah berkeluarga.
Arti Leisure bagi mas muji adalah Keluarga, dimana waktu luang yang dapat di spend oleh mas muji setiap weekendnya memang dihabiskan untuk berkumpul dan pergi bersama keluarga.


“Saya biasanya ke taman, bareng sama keluarga ke taman pagi-pagi.” ungkap mas muji.

Taman di dekat rumahnya memang diakui sebagai tempat wisata yang sering dikunjunginya bersama keluarganya.

“Saya milih taman soalnya taman masih enak hawanya pagi-pagi, terus buat keluarga nggak ngeluarin biaya, gratis, kita bisa refreshing lah, kan seminggu kita kerja terus jadi kita seminggu sekali buat keluarga,sama anak istri.”

Di taman tersebut aktifitas yang dilakukan mas Muji dan keluarga adalah jogging bersama, melihat-lihat pemandangan, terkadang banyak juga pedagang-pedagang asongan yang nangkring di taman itu. Terkadang ada pasar barang-barang murah yang dapat dilihat-lihat oleh mas Muji dan keluarga.
Di waktu luangnya, Mas Muji mas Muji cenderung menghindari tempat-tempat yang ada biayanya. Aktifitas yang dihindarinya saat waktu luang adalah aktifitas yang menghambur-hamburkan uang, kalau bisa dicari yang sesederhana mungkin.
Lelaki yang selalu mengedepankan keluarganya itu mengaku bahwa saat masih bujang, hobinya adalah jogging, namun hobinya tersebut sekarang sudah tidak ditekuninya lagi demi waktunya bersama keluarga.

“Hobi dulu sih hobi saya jogging, cuman setelah punya keluarga waktunya habis buat keluarga, soalnya kalo ditinggal takutnya anaknya gaada yang ngurusin, jadinya yaudah olahraganya sekarang di kurangin, ngalah istilahnya bahkan udah gapernah lagi.”

Alasan mas Muji memilih jogging sebagai hobinya dimasa bujang karena murah meriah, jadi selain sehat jogging tidak butuh biaya untuk beli perlatan, hanya sekedar modal sepatu saja bisa sepuasnya sampe siang.
Liburan panjang Mas Muji di habiskan dengan pulang kampung, di kampung aktifitas yang dilakukan ialah balik ke aktifitas lama seperti bertani, salah satunya melihara sapi tani.

“Saya kalo pulang kampung pasti bertani, ya kalo pulang kampung kan daripada dirumah nganggur ga ngapa-ngapain kan jadi ke ladang.”

Aktifitas Mas Muji di ladang biasanya mencari rumput untuk ternak. Selain itu terkadang juga Mas Muji jalan ke tempat-tempat wisata di Jogja kampung halamannya. Diakuinya memang banyak tempat wisata, seperti di gunung kidul, jadi ada pantai.

“Saya biasanya ke pantai. Kalo dipantai biasanya paling cuman liat-liat pantai terus beli ikan, bakar ikan disitu terus makan bareng temen-temen dan keluarga.”

Selain itu Mas Muji juga memanfaatkan waktunya di Jogja untuk silahturahmi ke tempat sodara. Dan juga melakukan aktifitas gotong royong untuk membantu tetangga.


“Manfaat waktu luang biar sama keluarga hubungan sama anak istri makin bertambah aja.”

Annoying experience saat waktu luang di alami Mas Muji saat ada rencana untuk arisan keluarga, ketika Mas Muji sudah jauh-jauh datang dari Jakarta ke Tangerang ternyata arisannya tidak ada, padahal arisan tersebut waktunya untuk keluarga Mas Muji,tetapi begitu sampai di tempat, acaranya tidak ada, dan Mas Muji langsung kesal.

“Memorable experience saat waktu luang kalo saya bawa keluarga, anak saya seneng jalan-jalan ditaman, atau dimana gt, jadi berkesan diinget terus.”

Ketika ditanyakan obyek wisata apa yang diharapkan ada di Jakarta, yang belum ada di Jakarta,


“Yang saya harapkan ada kaya kebon raya yg di bogor, pengennya kaya gitu. Jadi kaya ada semacam hutan gitu tapi buat wisata, dijakarta tuh gaada. Sbenernya buat paru-paru kota juga kan, jadi adem jakarta biar jakarta bagus, kalo cuman mall udah banyak.”

Mas Muji memang menyukai tempat yang sejuk yang kaya alam, ada pepohonan. Ketika ditanyakan aktifitas apa saja yang diharapkan bisa dilakukan di kebun raya,

“Pasti ada tempat jajan, buat mainan anak-anak, buat jogging buat olahraga.”

Satu kata yang menggambarkan Leisure/ Waktu luang
”KELUARGA”


#JakartaReposeProject
Marketing PMBS 2012
Adita Putri





No comments:

Post a Comment